Sabtu, 26 Februari 2011

Jaringan Komputer

Jaringan komputer, atau sering disebut sebagai jaringan, adalah kumpulan komputer dan perangkat yang saling terhubung oleh saluran komunikasi yang memfasilitasi komunikasi antarpengguna dan membolehkan pengguna untuk saling berbagi sumberdaya (resource). Jaringan dapat diklasifikasikan menurut beragam karakteristik. Sebuah jaringan komputer dapat juga membagi sumberdaya dan informasi atara perangkat yang terhubung.


Jaringan komputer dapat digunakan untuk berbagai tujuan, diantaranya:




  • Memfasilitasi komunikasi. Menggunakan jaringan, setiap orang bisa berkomunikasi secara efisien dan cepat melalui email, instant messaging, chat room, telephone, video telephone, dan video conference.

  • Berbagi hardware. Dalam lingkungan yang mendukung jaringan, setiap komputer dapat mengakses dan menggunakan perangkat keras yang terhubung ke jaringan (seperti printer, scanner, dsb) tanpa harus menghubungkan setiap komputer dengan sebuah perangkat individu. Bayangkan jika dalam suatu kantor setiap komputer memiliki 1 printer dan 1 scanner. Sangat boros. Dengan jaringan komputer diperlukan hanya 1 printer / scanner yang dapat dipakai bersama. Praktis dan hemat :D

  • Berbagi file, data, dan informasi. Dalam lingkungan jaringan komputer, user yang otentik dapat mengakses data dan informasi yang tersimpan dalam komputer lain pada jaringan. Kemampuan untuk menyediakan akses data dan informasi pada media penyimpanan adalah fitur utama kebanyakan jaringan.

  • Berbagi software. Ini nih yang enak. Pengguna yang terhubung ke jaringan dapat menjalankan program aplikasi yang ada pada komputer lain. Jadi nggak perlu install di komputer sendiri :D

  • Pemeliharaan nformasi.

  • Keamanan


Jaringan komputer dapat dikelompokkan berdasarkan teknologi hardware dan software yang digunakan untuk menghubungkan setiap perangkan dalam jaringan, seperti fiber optik, ethernet, wireless LAN, HomePNA, power line communication atau G.hn.


Jaringan juga sering dikelompokkan menurut cakupan wilayahnya. Seperti Local Area Network (LAN), Wide Area Network (WAN), Personal Area Network (PAN), Virtual Private Network (VPN), Campus Area Network (CAN), Storage Area Network (SAN) dan lain-lain bergantung pada skala, cakupan dan tujuan.


Jaringan komputer juga dapat dikategorikan menurut fungsional dan hubungan antarelemen dalam jaringan. Misalnya arsitektur Active Networking, Client-Server, Wireless ad hoc Network dan peer-to-peer (workgroup).


Artikel ini tidak akan menjelaskan terlalu rinci masing-masing jenis jaringan. Pembahasan jaringan komputer tersebut akan ada di artikel terpisah.






Mirrored from: Another Satria's Project


Mirrored time: Sunday, 27th February 2011

Tidak ada komentar: