Minggu, 30 Januari 2011

Cross Compiling - Membuat Program Windows di Linux

Setelah pada artikel sebelumnya kita membahas tentang pengenalan cross compiling, sekarang kita akan mencoba melakukan pengaturan untuk bisa melakukan pengembangan aplikasi secara cross-compiling. Platform yang menjadi tujuan kita adalah OS Windows, sedangkan kita akan membuat program tersebut di linux. Jika teman-teman belum tau apa itu cross-compiling, silahkan merujuk ke artikel ini.


Kita akan melakukannya dalam beberapa tahap. Untuk mempersempit topik, tutorial ini dilakukan pada OS Linux tepatnya GNU/Linux Ubuntu 10.10 Maverick Meerkat. Dan juga kita ambil langkah paling sederhana saja, saya tau temen-temen juga nyari cara gampang sama kayak saya :p


 


1. Siapkan Compiler


Lho, bukannya di linux udah disediain compiler ya? Memang di linux sudah disediakan compiler bawaan yaitu gcc, tapi compiler ini digunakan buat compil program ke platform linux saja. Kita butuh compiler untuk tujuan cross compiling. Kita bisa dapatkan compiler tersebut dengan memberikan perintah berikut ke command line (terminal) :




sudo apt-get install mingw32



MinGW32 adalah package compiler yang kita butuhkan untuk melakukan cross compiling ke platform windows.


Jika sudah selesai teman-teman dapat melakukan kompilasi dengan cara mengetikkan perintah berikut (jangan lupa tekan enter juga ya)




i586-mingw32msvc-gcc file.c -o file.exe



Perhatikan bahwa kita menggunakan kompiler bernama i586-mingw32msvc-gcc untuk mengompil program. Pada contoh di atas kita mengompil file.c dan hasilnya menjadi file.exe. Teman-teman juga bisa mengompil dengan menambahkan beberapa pengaturan tambahan, sintaksnya sama seperti ketika teman-teman menggunakan gcc sebagai compiler.


Terlalu panjang ngetiknya? Tenang! kita bisa persingkat nama filenya dengan cara membuat link (semacam shortcut gitu). Caranya pergi ke /usr/bin. Pada path tersebutlah mingw32 terinstall secara default.




cd /usr/bin



Kemudian ketikkan perintah berikut untuk membuat link:




ln -s i586-mingw32msvc-gcc gcc32



Dengan begitu maka ketika anda mengetikkan gcc32 maka otomatis anda sebenarnya memanggil program i586-mingw32msvc-gcc.


i586-mingw32msvc-gcc adalah perintah untuk mengompil program dalam bahasa C, sedangkan untuk mengompil program bahasa C++ teman-teman bisa menggunakan i586-mingw32msvc-g++


 


2. Siapkan emulator (Wine)


Sebenarnya jika teman-teman sukses melakukan seperti apa yang ada di step 1, teman-teman sudah bisa melakukan pengompilan program untuk windows di OS Linux. Tapi, nggak enak kan kalo cuman compile doang. Gimana ktia tau kalo programnya jalan nggak. Nah karena itu kita pasang sebuah emulator untuk bisa menjalankan program windows. Yang dimaksud tidak lain dan tidak bukan adalah Wine (yang ini gak bikin mabuk :D). Kita akan install melalui mode command line / terminal. Caranya ketik perintah berikut:




sudo apt-get install wine



Jika proses sudah selesai maka teman-teman sudah bisa menjalankan program windows di linux. Caranya:




wine [nama program]



 


Selamat!! teman-teman sudah bisa melakukan cross compiling di linux :D


Nantikan juga tutorial lainnya :D

Tidak ada komentar: